Senin, 22 Februari 2016

Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor

CARA MENYETEL KOPLING SEPEDA MOTOR

CARA MENYETEL KOPLING SEPEDA MOTOR

Menyetel kopling pada sepeda motor adalah sisi dari perawatan sepeda motor. Bila Anda tak rajin lakukan pengontrolan pada setelan kopling, pasti kenyamanan Anda bakal terganggu waktu mengendarai sepeda motor. Untuk yg tidak pernah utak-atik sepeda motor, menyetel kopling adalah aktivitas atau pekerjaan yang asing. Oleh karenanya, pada artikel kesempatan ini, kami bakal sharing info tentang langkah menyetel kopling pada sepeda motor.

Menyetel kopling automatis pada sepeda motor 

Saat sebelum lakukan penyetelan kopling, baiknya Anda menyiapkan peralatan terlebih dulu. Peralatan yang diperlukan untuk menyetel kopling automatis yaitu kunci cocok serta obeng minus. Kunci cocok berperan untuk mengendurkan serta mengencangkan mur pengunci baut. Sedang obeng minus berperan untuk menyetel baut. Baut setelan kopling automatis sepeda motor umumnya ada pada bak kopling samping kanan.

Langkah pertama yaitu mengendurkan mur pengunci baut memakai kunci cocok yang telah disiapkan. Lalu putar baut setelan kopling ke arah berlawanan jarum jam sampai merasa mentok. Lantas putar pelan-pelan searah dengan jarum jam, lebih kurang ⅛ sampai ¼ putaran. Satu putaran obeng yaitu 90 derajat, jadi Anda cuma memutar di antara 11, 25-22, 5 derajat. Patokan penyetelan ini dipakai untuk mengatur jarak main desakan stut ke pelat penekan. Cobalah rasakan apakah sesudah telah cocok atau belum. Lakukan sepeda motor, lalu rasakan perpindahan persneling. Sesudah setelan cocok, jadi mur pengunci dikencangkan. Langkah mengencankan mur pengunci dikerjakan dengan menahan baut memakai obeng minus agar posisi tak berubah, lalu memutar mur pengunci baut memakai kunci pas sesuai arah jarum jam.

Cukup sederhana menyetel kopling otomatis pada sepeda motor, kini Anda akan mengendarainya dengan lebih nyaman. Kemudian bagaimana cara menyetel kopling tidak otomatis atau kopling manual pada sepeda motor? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Menyetel kopling manual pada sepeda motor

Agar rangkaian komponen kopling manual bisa bekerja dengan baik, terutama menjaga gerakan buka tutup kampas kopling dan gerakan pelat tetap bebas, maka setiap pemakaian sepeda motor sejauh 1.500 km harus dilakukan pengontrolan. Pengontrolan dilakukan terutama terhadap kampas kopling dan kabel atau kawat kopling. Jika dilakukan pengontrolan secara teratur, yaitu terhadap jarak main kopling, maka kampas kopling dan kabel kopling akan lebih awet dan tahan lama. Jarak main kopling yang ideal dan sesuai dengan instruksi pada buku manual adalah sekitar 2-4 mm pada lebar atau jarak kerenggangan handle. Sebaiknya Anda menggunakan penggaris untuk melihat jarak kerenggangan handle tersebut.

Untuk menyetel kopling manual, terlebih dahulu Anda harus melumasi kabel kopling dengan oli agar tidak seret atau macet, lalu mengendurkan mur pengunci pada handle, kemudian putar baut setelan tersebut. Arah putraran sesuai dengan arah jarum jam agar jarak kerenggangan handle semakin sempit. Jika diputar ke arah yang berlawanan jarum jam, maka jarak kerenggangan handle akan semakin lebar. Setelah jarak kerenggangan sesuai dengan ukuran yang ideal, maka penyetelan dilanjutkan pada kabel kopling bagian bawah. Penyetelan dilakukan dengan mengendurkan baut pengunci lalu putar mur penyetel menggunakan kunci pas dengan arah sesuai pada putaran di tuas kopling bagian atas. Kencangkan mur penyetel tersebut sambil menahan pengunci agar tidak bergerak. Pengecekan setelan kopling dilakukan dengan menjalankan sepeda motor Anda, lalu rasakan apakah sudah pas atau belum. Jika setelan sudah pas, maka Anda akan mengendarai motor dengan nyaman.

Indikasi kerusakan pada kopling sepeda motor

Waktu mengendarai sepeda motor yang koplingnya telah rusak, harusnya bakal diperlihatkan dengan sinyal tanda seperti berikut, handle kopling merasa berat serta keras, terdengar bunyi berisik di bagian kanan motor Anda, serta motor tunjukkan tenaga yang lemah.

Sekian info yang kami sajikan perihal langkah menyetel kopling sepeda motor, semoga berguna untuk pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Posting Komentar